Lemburkuring2007

Bupati Aang Fokus Wujudkan Kabupaten Konservasi

2 Pairan

(Sumber : http://identitasbangsa.wordpress.com/)

Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos ingin memfokuskan diri pada pembangunan berwawasan lingkungan untuk mewujudkan Kabupaten Konservasi.
“Saya ingin mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi,” terang H. Aang di Situ Dadap Berendung, Desa Cihanjaro, Kec. Karangkancana, Minggu (8/2).

Upaya pencapaian Kabupaten Konservasi diantaranya telah dilaksanakan melalui pembangunan kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) di Desa Padabeunghar Kec. Pasawahan, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Program penganten peduli lingkungan (Pepeling), dan pembuatan taman kota di setiap kecamatan.

Bupati tiba bersama rombongan dengan mengendarai sepeda diantaranya Wakil Bupati Drs. H. Momon Rochmana, MM , Dandim 0615 Kuningan, Letkol Arm. Mulyono, dan Plt Sekda Drs. H. Djamaluddin Noor, MM.

Selain itu, ikut pula Kadis SDAP Drs. H. Enay Sunaryo, MM, Kadis LH dan Kebersihan, Drs. H. Atik Suherman, M.Si, Kepala RSUD 45 Kuningan, dr. H. Afif Kosasih, M.Kes, Kabag Humas Drs. H. Lili Suherli, M.Si, Kepala Satpol PP, Indra Purwantoro, S.Sos, Camat Karangkancana, Drs. Enang Sudianto, para kuwu dan peserta sepeda santai.

Camat Karangkancana, Drs. Enang Sudianto, dalam laporannya mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Bupati Kuningan H. Aang pada periode 2008-2013 ke Karangkancana. Ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Aang di lokasi Situ Dadap Berendung yang dibangun di atas lahan milik Perum Perhutani pada petak 33 seluas 60 H.a. Situ ini sendiri memiliki luas 3 H.a.

“Situ ini merupakan daerah resapan air untuk pertanian di wilayah hilir, Cibeureum. Sementara untuk pelestarian lingkungan hidup telah dilaksanakan pada areal 120 H.a dari luas 228 H.a hutan kritis. Di sekitar situ ini pada radius 50 meter, akan ditanami tanaman buah-buahan dan kemudian baru tanaman produksi jati,” jelas Enang.

Bupati Kuningan, H. Aang HS mengatakan, ini merupakan perjalanan yang ke-7, bersepeda santai. Biasanya bersama rombongan yang berjumlah 145 orang, namun sekarang agak berkurang, termasuk Pak Kapolres yang tidak ikut. Ia bersama jajaran pemda, dulu menggalakan jalan santai, namun karena banyak yang keteteran kemudian dirubah dengan sepeda santai.

Dengan sepeda santai, kata Aang, dapat melihat-lihat suasana desa, terinspirasi ide baru, dapat melihat lahan yang masih kritis yang membutuhkan pelestarian menuju Kabupaten Konservasi yang didukung oleh taman kota di setiap kecamatan, Kebun Raya Padabeunghar dan program pepeling.

“Saya minta agar situ ini ditata dengan memperhatikan kelestarian lingkungan, jangan sampai gundul. Pasalnya daerah ini akan nampak gundul, apabila musim kemarau tiba. Sekarang memang kelihatan hijau, karena masih musim penghujan,” ungkap Aang.

Ia pun menyentil Kepala Dinas Hutbun (Ir. Dendi Warsita, red) yang tidak hadir menyertai rombongan. “Kalau masih betah di Hutbun, harus ikut kegiatan seperti ini dong,” katanya, karena saat melintas jalan Luragung-Cileuya, Ia melihat pohon Damar yang ditanam di sepanjang jalan tersebut banyak yang mati.

“Kuningan sebagai daerah yang punya kelebihan di sektor pelesatarian lingkungan yang baik, perlu komitmen bersama untuk terus memeliharanya. Kepada para kepala desa dalam setiap langkahnya harus bermanfaat. Jalan yang sudah diaspal kini mulai rusak lagi, jangan dibiarkan. Buat hotmix itu mahal, sebaiknya diperbaiki. Truk juga sebaiknya dilarang,” imbaunya.

Menurut Aang, walaupun cukup jauh, sekira 1,5 km dari Jalan Raya Cileuya-Karang kancana, lokasi ini cukup bagus. Ia meminta agar situ tersebut dipelihara jangan sampai hutannya gundul. Ia berpesan agar jangan membiarkan kalau ada galian C, sebagaimana belum lama ini Wakil Bupati, H. Momon Rochmana telah menutup galian C di Gunung Ciremai. “Saya juga telah melihat bencana alam di Desa Segong, dan akan memantau lagi hasil pekerjaannya, terangnya. (tan)

2 thoughts on “Bupati Aang Fokus Wujudkan Kabupaten Konservasi

  1. Wilujeng siang kang Uha, kumaha damang..?

  2. Ass… wr wb.
    Saya sebagai warga Winduhaji/Kuningan sangat2 senang dengan program2nya pemerintah kota Kuningan dan semoga kota Kuningan tambah sejuk dan ASRI

    U.Syamsuha
    palembang

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s