Lemburkuring2007

Kuningan Menyambut Proklamasi Kemerdekaan

1 Pairan

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada hari Jumat 17 Agustus pukul 10.00 WIB di Jakarta. Naskah Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi Mohamad Hatta, bertempat di kediaman Ir. Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 (sekarang Jalan Proklamasi), Jakarta.

Hubungan komunikasi yang kurang sempurna pada waktu itu meliputi kota Jakarta, berita itu tidak cepat merata ke semua kota. Di kota kedua terbesar di Jawa Barat, yaitu Bandung, berita itu ternyata tidak diterima secara lancar oleh masyarakat, apalagi di kota-kota kecil lainnya.

Di Cirebon dan Kuningan berita Proklamasi itu sudah didengar masyarakat pada hari itu juga, yaitu melalui orang-orang yang baru kembali dari Jakarta, antara lain dari para sopir dan kondektur bus “Selamat Djalan” (jurusan Jakarta-Kuningan)). Namun masyarakat menganggap berita itu belum resmi karena berasal dari mulut ke mulut sehingga menimbulkan keragu-raguan.

Ada usaha di kalangan pegawai Hosoo Kyoku (Kantor Radio) Bandung untuk menyiarkan berita Proklamasi itu, dan usaha berita itu didengar oleh masyarakat melalui siaran radio Bandung, keragu-raguan itu menjadi hilang dan masyarakat yakin bahwa Indonesia benar-benar sudah merdeka.

Menurut Suja’i (pelaku sejarah), berita Proklamasi Kemerdekaan itu diterimanya pada tanggal 17 Agustus 1945 sore. Pada waktu itu, datang ke rumahnya pemuda Sukaca, yang baru pulang dari Cirebon dan telah mendengar berita Proklamasi Kemerdekaan. Maksud kedatangan Sukaca adalah untuk menyampaikan amanat yang dibawanya dari Cirebon.

Kata Sukaca, “Saya mendapat amanat dari pimpinan Komite Nasional Indonesia (KNI) Cirebon” (?), dan Suja’i ditunjuk sebagai Ketua KNI Kabupaten Kuningan dan dianjurkan agar esok esok hari tanggal 18 Agustus mengadakan rapat di ibukota Kuningan dan di kecamatan-kecamatan. Dalam rapat-rapat itu, teks Proklamasi harus dibacakan. (Sumber : Bagian dari Buku Perjuangan Rakyat Kuningan Masa Revolusi Kemerdekaan).

One thought on “Kuningan Menyambut Proklamasi Kemerdekaan

  1. Pingbék: Kuningan Menyambut Proklamasi Kemerdekaan | Catatan Blogger Kuningan

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s