Lemburkuring2007

Desa Karangsari Lintasan Of Road

1 Pairan

BANYAK warga Desa Karangsari, Kecamatan Darma, sudah biasa menonton Of Road . Maklum, daerah ini merupakan salah satu jalur atau lintasan yang biasa digunakan khususnya oleh sejumlah crosser saat mengadakan latihan olahraga otomotif.

Hampir setiap minggu, ada saja motor of road yang melintas di jalan desa yang menembus jalan raya Darma (Kuningan-Ciamis) itu..

“Ini bukan hal yang baru, bahkan banyak warga yang sengaja menyempatkan diri untuk menonton latihan of road ,“ ujar salah seorang warga.

.Memang, crosser dari wilayah Jawa dan Bali mengikuti Adventure Off Road yang , dengan jarak tempuh kurang lebih 85 KM. Sementara rute yang biasa dilalui diantaranya mulai dari halaman Kantor Bupati Kuningan menuju arah Desa Gunung Keling, Desa Cisantana dan Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan wilayah Kecamatan Cigugur.

Dari Buper Palutungan, selanjutnya para crosser memasuki sekitar lereng Gunung Ciremai sebelah selatan, yakni kawasan hutan Kopi Cilaja, Cigowong, Lempong Balong, Gunung Gundul dan turun di Desa Karangsari Kecamatan Darma, Waduk Darma dan berakhir atau finish di halaman Gedung Sanggariang Kuningan.

Bagi sejumlah warga Desa Karangsari, Of Road tampaknya dijadikan sebagai ajang tontonan yang menarik dan hiburan di tengah-tengah kesibukan bekerja di ladang atau kebun, bahkan tak jarang kaum ibu yang menonton di kebun dekat jalan sambil menggendong anak “Atuda ngagugulung pagawean mah, moal aya tunggtungna sakali-kali mah hiburan, itung-itung ngabangbrangkeun kacape,” kata seorang warga.

Ada yang patut ditiru, ternyata mereka tidak hanya sekedar menonton. Tanpa ada permintaan dari pihak panitia atau instansi pemerintah kecamatan sekalipun, mereka menyediakan makanan gratis di warung amal yang dipusatkan di pertigaan dekat SMPN 2 Darma.

Di sana ada minuman walau hanya sekedar teh tawar, air putih, cireng, buras gorengan dan lain sebagainya. “Ini hasil olahan Ibu PKK, jadi tidak ada yang minta permohonan apa-apa hanya kebetulan saja wilayah ini dilewati op road, ya kita hanya partisipasi saja,” Kata seorang pamong desa, bahwa pihaknya mengetahui karena seberlumnya ada permohonan ijin bahwa wilayahnya akan dilewati

Kegiatan adventure of road biasanya merupakan kegiatan bersifat rekreatif. Sedangkan jalur yang ditempuh para crosser merupakan jalur wisata di lereng Gunung Ciremai. Selama ini jalur itu merupakan jalan setapak dan hanya dilalui oleh para pendaki yang hendak melakukan pendakian ke puncak Gunung Ciremai.

One thought on “Desa Karangsari Lintasan Of Road

  1. lembur babeh yeuh…karangsari,…hohohoho….

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s