Lemburkuring2007

Kamu punya gitar

Tunda talatah

KAMU PUNYA GITAR

Aku bisa bernyanyi lagu jalanan

Mungkin kita bisa akur

Mengais recehan untuk makan

Bapakku yang kiayi di kampung

Sudah tinggal bersama istri muda

Ibu menuntunku pergi kekota

Kini rumahku dikolong jembatan

Ibuku mengemis sepanjang hari

Demi nasi campur sambal terasi

Sehari makan, besok lapar lagi

Kamu punya gitar

Lagu kita lagu yang jujur

Jujur ingin hidup layak

Walau perut melilit lapar

Tak ada kata mundur

Terus petiklah senar gitarmu

Sampai jarimu membiru

Sampai suaraku serak

Alunkan nada sentuhan hati

Agar orang yang melewati kita terenyuh

Mau melemparkan recehannya kearah kita

Kamu punya gitar

Kita pergi dan bernyanyi

Terima recehan buat beli sandal jepit

Atau hanya tinggal diam disini

Mati kelaparan, bangkai kita teraniaya

Dan aku punya mimpi ketika aku terjaga

Suatu hari aku jadi penyanyi beneran

Menabung jutaan rupiah

Bisa beli rumah mewah

Bisa kenal dengan pejabat penting

Kamu punya gitar

Aku bisa bernyanyi lagu jalanan

Ibuku mulai sakit-sakitan

Muntah darah dipangkuanku

Aku menjerit, aku tak punya obat

Recehanku belum menggunung

Tak ada rumah sakit yang peduli

Kupeluk Ibuku yang sudah kaku

Kubasuhkan darah Ibuku kemukaku

Lalu aku berbisik ketelinganya

Tidur tenang… tidur tenang… Ibu…

Nenen Gunadi,

Sabtu, 19 April 2008

Edmonton, AB, Canada

Kantunkeun Balesan

