Lemburkuring2007

TK PERTIWI KUNINGAN

1 Pairan

 


Oleh : Nunung Nurhasanah, S.Pd

 

KAMIS 4 April 1968, mungkin merupakan hari bersejarah khususnya bagi Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Kuningan. Pada hari itu, di Gedung DPR Kuningan ada rapat pembentukan panitia pembangunan TK tersebut. Selain dihadiri oleh Ketua  Ibu Misno, Ketua II Ibu Muhar, Ibu Maan, Sekretaris II Ibu Enah, Bendahara Ibu Gunadji dan Seksi usaha Ibu Tisna, juga hadir Bupati Kuningan kala itu Bapak Aruman, selaku penasehat. Bahkan pada saat itu pula Pak Bupati Aruman mengukuhkan kepengurusan pembentukan TK Pertiwi.

 

Selanjutnya, para pengurus bekerja keras tanpa mengenal lelah demi mewujudkan harapan punya sebuah Taman Bermain anak-anak pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Maka pada tanggal 7 September 1968, bersamaan dengan acara Peringatan Hari Pamong Praja, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Taman Kanak-kanak (TK) yang berlokasi di belakang gedung negara atau pendopo.

 

Atas desakan berbagai pihak, termasuk kaum ibu dan bapak maka pada tanggal 15 Januari 1969 mulai membuka TK yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat dan dihadiri pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten se-Jawa Barat. TK Pertiwi Kuningan saat itu keadaannya sangat sederhana, maklum persiapan untuk mewujudkan TK sangat singkat murid pun hanya 15 orang.

 

Sejak mulai berdiri, dari bulan ke bulan jumlah murid TK Pertiwi bertambah sehingga di akhir tahun ajaran jumlah murid mencapai 36 orang, dengan uang masuk Rp. 250,- uang sekolah atau SPP Rp. 25,- dan sebagian besar anak didik adalah anak pegawai pemda Kabupaten Kuningan.

 

Mengapa dikatakan TK Pertiwi? Karena pencetusnya adalah ibu-ibu pengurus cabang pertiwi. Sampai tahun 1990, TK Pertiwi dikelola oleh Yayasan Pertiwi. Pada tanggal 12 Maret 1990 atas usulan ibu Ketua Dharma Wanita Pemda Tk. II Kuningan yayasan yang semula dikelola oleh yayasan pertiwi dialihkan menjadi Yayasan Dipati Ewangga. Pada saat itu langsung diaktenotariskan dan yang menandatangani akte tersebut adalah Ibu Iceu Tresnawiyah dan Ketua Yayasan adalah Ibu Tien Subandi.

 

Sejak itu TK Pertiwi dikelola oleh Yayasan Dipati Ewangga Dharma Wanita Kabupaten Kuningan.

 

Berkat kerjasama antara pihak TK dengan pihak yayasan setiap tahun murid bertambah meskipun tidak begitu menonjol, dari mulai dua ruangan sampai mengalami penambahan yang cukup menggembirakan.

 

Tahun 1995 bertambah satu kelas menjadi tiga kelas dengan jumlah anak didik 96 orang. Pada tahun 1999 atas dasar usulan para orang tua murid, kelas yang semula digunakan untuk bermain terpaksa digunakan untuk ruang kelas menjadi 4 kelas dan tahun 2000 dari jumlah pendaftar dengan daya tampung kelas yang ada di TK tidak seimbang akhirnya banyak anak yang tidak dapat merasakan  masa bermain di TK Pertiwi.

 

Sejak itu pihak TK mengadakan rapat dengan yayasan, untuk mencari solusi terbaik mengenai penerimaan murid baru. Akhirnya menghasilkan kebijakan sebagai berikut :

 

– Uuntuk mengantisipasi pendaptar yang kurang puas karena tidak diterima maka standar yang diambil adalah usia, minimal 4,6 tahun. Karena desakan datang setiap tahun dari para orang tua yang tidak diterima, maka Kepala TK Pertiwi terus mengadakan pendekatan dengan pihak yayasan.

 

-Atas usulan tersebut, Ketua Yayasan, Ibu Dra. Hj. Yetty Arifin mengusulkan ke Dinas Pendidikan untuk menambah ruang belajar. Tahun 2002 TK Pertiwi mendapat sebidang tanah dari SMUN 3 Kuningan untuk dibangun menjadi gedung TK. Karena keterbatasan dana, dan kebutuhan ruangan yang sangat mendesak untuk tahun 2003/2004, pada saat itu pendaftar sudah mencapai 175 orang, sedangkan kelas hanya memiliki 4 ruangan (untuk 100-110 siswa) Maka dibangunlah ruang kelas yang cukup lumayan meskipun tidak berdinding dan tidak pula beratap, layaknya sekolah terbuka tetapi tetap menyenangkan untuk bermain anak-anak. Yang ditempati 151 anak dan 15 orang pendidik. Itulah perjuangan Ketua Yayasan Ibu Yetty Arifin

 

Mengapa anak didik terus bertambah?

 

  1. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Taman Kanak-kanak sudah cukup dipahami
  2. Promosi Taman Kanak-kanak langsung oleh orang tua yang anaknya berprestasi di TK Pertiwi.

 

  1. Dari hasil kegiatan lomba yang seringkali mendapat kejuaraan akhirnya dikenal oleh lapisan masyarakat.

 

Pada tanggal 6 Maret 2006 TK Pertiwi mendapat ruangan kelas yang permanen dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan langsung diadakan perbaikan atas kerja keras tri komponen yaitu Ketua yayasan Ny. Hj. Utje Ch. Suganda, Komite TK Ibu Yanti A., S.Sos, dan Kepala TK Pertiwi Ibu Nunung Nurhasanah, S.Pd, serta seluruh pihak TK.

 

Penulis : Kepala TK Pertiwi Kuningan

 

 

One thought on “TK PERTIWI KUNINGAN

  1. Yth. Pengurus TK Pertiwi.

    Ass. Wr. Wb.
    Mohon informasinya, apakah di TK pertiwi ini ada siswa yang bernama Sakinnatuzahra Baniyah Alhakim, dengan nama ibunya Setia Rulianti Sakinah. Anak tersebut adalah anak kandung saya yang sudah 2 tahun terpisah. dari informasi terakhir yang saya dapat anak tersebut sekolah di TK Pertiwi Kuningan,
    Demikian dan terima kasih, Hormat saya,

    Wassalam
    Cepi Al Hakim

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s