Lemburkuring2007

Lagi, TKW Tewas di Kuwait

1 Pairan

Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kab. Indramayu, Carinih (34), warga Blok Bojongloa RT/RW 01/03 Desa Gunungsari Kec. Sukagumiwang kembali dikabarkan tewas di rumah majikannya, di Kuwait. Ia dikabarkan tewas setelah terjatuh dari lantai tiga apartemen rumah majikannya. Namun kabar yang mengejutkan itu hingga kini masih belum diyakini pihak keluarga. Sampai sekarang jasad korban belum dipulangkan meskipun dikabarkan meninggal sejak Selasa (5/6) lalu.

Keterangan yang dihimpun mengungkapkan, kabar duka yang menimpa Carinih itu diperoleh dari Satori (68) orang tua korban, Selasa (12/6). Korban sendiri baru 3 bulan bekerja sebagai TKW di kota Al Jahra Al Wahah Negara Kuwait pada majikannya Zeid Mutlaq Al Utaibi.

Satori mengatakan telah didatangani 4 orang yang mengaku dari PT Bidar Timur, sebuah Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang memberangkatkan anaknya menjadi tenaga pembantu rumah tangga. Menerima kabar tersebut Satori dan istrinya, Rasminah (65), sangat terkejut karena saat berangkat tiga bulan lalu Carinih dalam kondisi bugar.

Dari kabar yang diterima, anak pertamanya itu terjatuh dari apartemen dan sempat mendapat perawatan di RS setempat, hanya nyawanya tidak tertolong. Kendati telah didatangi petugas PJTKI, Satori belum yakin akan kematian anaknya. Alasannya, hingga kini jasad korban belum dipulangkan ke rumah.

Hal senada diungkapkan Sukardi (35), keluarga korban lainnya. Menurut dia, banyak kejanggalan menyangkut kabar kematian Carinih. Bahkan kedatangan empat orang utusan PT Bidar Timur yang berkedudukan di Condet, Jakarta Timur, juga dipersoalkan oleh Sukardi. Karena setelah dikonfirmasi, mereka ternyata hanya para sponsor dan calo tenaga kerja yang diberi mandat untuk menyampaikan kabar itu.

Petugas Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kab. Indramayu, Hendra Pondaga, membenarkan adanya kabar itu. Untuk itu, Dinsosnaker Indramayu telah mengirimkan surat permohonan pemulangan jenazah Carinih kepada Departemen Luar Negeri dan pihak terkait lain di Jakarta hingga keluarga korban tidak dirugikan.

Sumber : HU. Pikiran Rakyat

One thought on “Lagi, TKW Tewas di Kuwait

  1. Mohon agar Pmerintah Pusat, Pemerintah daerah asal korban lebih care, tanggap dan cekatan.
    Nama, harkat, Martabat Bangsa ada Pada sejauh mana kita semuanya membela dengan dasar kebenaran dan keadilan hukum yang berlaku.
    Sudah berkali-kali TKW, TKI kita menjadi korban, dan mengapa selalu ada pembiaran yang tanpa solusi yang berarti???

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s