Lemburkuring2007

Penyandang Cacat

Tunda talatah

Penyandang Cacat Pun Manusia

KEBERADAAN penyandang cacat di Kabupaten Kuningan, tidak bisa dilirik sebelah mata. Oleh sebab itu, perlu langkah dan upaya serius khususnya dari pemerintah daerah, agar mereka dapat mensejajarkan diri di lingkungan masyarakat. Sebenarnya, banyak masalah yang dihadapi oleh para penyandang cacat. Misalnya saja,umumnya mereka (penyandang cacat) belum mampu menjangkau pendidikan yang memadai, keterbatasan mobilisasi dan hambatan untuk mandiri selalu menjadi kendala bagi para penyandang cacat itu sendiri.

Padahal, menurut Ketua Komisi Pemberdayaan Penyandang Cacat (KPPC) Kabupaten Kuningan, Elon Carlan, para penyandang cacat pun manusia yang punya kemampuan setara dengan mereka yang normal. Bahkan, kata Elon, banyak pula penyandang cacat punya kelebihan yang justru tidak dimiliki oleh mereka yang kondisi fisiknya normal. “Makanya pemberdayaan penyandang cacat hendaknya harus mengedepankan strategi menolong penyandang cacat, agar mampu menolong dirinya sendiri, sehingga tidak menjadi beban masyarakat,” ujar Elon.

Elon tidak menyangkal, dengan berbagai upaya yang dilakukan pihak pemkab, yang selalu merespon upaya pemberdayaan penyandang cacat yakni dengan beberapa strategi, diantaranya pembentukan seksi penyandang cacat pada Dinas Pemberdayaan, alokasi program sisipan dari berbagai dinas/instansi/bagian bagi penyandang cacat.“Kami menyambut baik terhadap pemikiran pemerintah daerah, dengan peningkatan pemahaman seluruh komponen mengenai pendekatan serta pelayanan yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan jenis kecacatannya,” *

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s