Lemburkuring2007

NASIB HANSIP DESA

Tunda talatah

hansip.jpg

KEBERADAAN Hansip di desa/kelurahan, boleh jadi sangat dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya sekedar berkaitan dengan hal keamanan lingkungan, namun banyak kiprah yang diperankan oleh sosok Hansip di pedesaan. Terlepas apakah itu atas dasar tugas dan fungsi (tufoksi) yang harus diemban seorang Hansip, yang jelas peran Hansip sangat strategis dalam pembangunan baik dalam masalah sosial, ekonomi, kebudayaan, maupun keagamaan.

Sebagai gambaran, sering penulis melihat sosok anggota Hansip di desa yang aktif dalam beberapa kegiatan, contohnya ketika ada yang meninggal dunia, Hansip Desa cukup rancingeus (cekatan) dalam mengurus segala keperluan pemakaman. Begitu pula halnya, bila ada warga yang hajatan anggota Hansip desa pun tak ketinggalan membantu misalnya mengatur lalulintas. Tak terkecuali ketika ada musibah, Hansip desa turut andil dalam menangani musibah.

Beberapa waktu lalu, ratusan Hansip se-Kabupaten Kuningan mengikuti Pelatihan Penanganan Bencana Alam di Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, Ternyata, Hansip Desa pun diharapkan tidak hanya terfokus yang berkaitan dengan keamanan lingkungan sekitar permukiman penduduk. Namun, diharapkan pula dalam hal penanganan bencana alam seperti kebakaran hutan, tanah longsor dan bencana alam lainnya. Bahkan Hansip di desa sekitar Gunung Ciremai, diharapkan turut menjaga keberadaan gunung tersebut. Yang menjadi persmasalahan, sejauh mana perhatian pemerintah daerah terhadap Hansip Desa yang sejak dulu berkiprah tanpa lelah dan minta balas jasa. Dari tulisan singkat ini, mudah-mudahan menjadi bahan masukan bagi pemegang kebijakan untuk memikirkan nasib anggota Hansip Desa, yang tampaknya butuh perhatian pemerintah terutama masalah kesejahteraan, jaminan keselamatan, kesehatan dan sebagainya, walau Hansip Desa sebenarnya tak pernah minta imbalan. *

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s