Lemburkuring2007

Kuncen Cingcowong

3 Pairan

SOSOK Nawita, mungkin tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Cingcowong. Dia adalah satu-satunya punduh (kuncen) Cingcowong di Kabupaten Kuningan, yang kini berusaha untuk mempertahankan nilai-nilai tradisi masyarakat Blok Wage Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan ratusan tahun lalu yang kini diperkenalkan kembali kepada masyarakat yang dikemas lewat pagelaran seni tradisi semacam teater dan bentuk tarian cingcowong.

Ditemui di rumahnya Blok Wage, Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, wanita kelahiran 66 tahun lalu itu menyebutkan, Cingcowong sebenarnya merupakan boneka yang terbuat dari tempurung kelapa dan alat penangkap ikan (bubu). Dulu, boneka ini dijadikan alat media untuk mengadakan acara ritual pada saat kemarau panjang, yakni sebuah ritual yang tujuannya agar segera turun hujan.

Terlepas percaya atau tidak dengan tradisi tersebut, yang jelas akhir-akhir ini nama Nawita banyak dikenal masyarakat termasuk pemerintah daerah, setelah dia mempertontonkan kembali Cingcowong kepada masyarakat. Tak jarang dia tampil memainkan Cingcowong dalam berbagai acara, bahkan dia tak jarang pula mendapatkan undangan untuk tampil berkolaborasi lewat sebuah tarian Cingcowong seperti dalam pagelaran Seni dan Kebudayaan mulai tingkat Kecamatan, kabupaten, bahkan pertunjukan di Cirebon dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dengan banyaknya tampil di panggung pertunjukan, nama Nawita semakin melekat sehingga banyak orang menyebut Kuncen Cingcowong. Ada juga yang menyebut seniman Cingcowong, karena ternyata Cingcowong yang dulu hanya ditampilkan pada acara ritual itu, kini menjadi tontonan masyarakat. Bahkan, seniman lain di Kuningan berupaya untuk mengadopsi Cingcowong menjadi sebuah tarian yakni Tari Cingcowong.

3 thoughts on “Kuncen Cingcowong

  1. berjuang buat kuncen cingcowong

  2. Trim,s Koreksinya

  3. artikel ini kurang foto, dan gambar-gambar mengenai keseniannya

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s